Pages

Banner 468 x 60px

 

Sabtu, 14 Maret 2020

Pembahasan KSN-K Informatika 2020 No. 15

0 komentar
Soal 15
Angga, Bandi dan Cinta diinterogasi oleh polisi atas pembunuhan dari Duduy. Bukti-bukti pada tempat
kejadian perkara (TKP) menunjukkan bahwa mungkin seorang pengacara terlibat pada perkara
pembunuhan. Mereka, salah satunya adalah pembunuh, membuat dua buah pernyataan sebagai
berikut.
· Angga memberi pernyataan:
o Saya bukan pengacara
o Saya tak terlibat pembunuhan Duduy
· Bandi memberi pernyataan
o Saya memang seorang pengacara
o Tetapi saya tak terlibat pembunuhan Duduy
· Cinta memberikan pernyataan
o Saya bukan pengacara
o Seorang pengacara yang membunuh Duduy
Pada pemeriksaan polisi ditemukan bahwa hanya dua dari pernyataan di atas yang benar dan ternyata
hanya satu dari ketiga orang itu yang bukan pengacara.
Siapakah yang membunuh Duduy?
a. Angga
b. Bandi
c. Cinta
d. Angga dan Bandi bersama-sama
e. Jawaban a, b, c, dan e salah.
Jawab :
Bukti-bukti pada tempat kejadian perkara (TKP) menunjukkan bahwa mungkin seorang pengacara terlibat pada perkara pembunuhan.
Pernyataan yang sudah benar adalah Bandi yang menyatakan bahwa dia memang seorang pengacara, tetapi dia tak terlibat pembunuhan Duduy.
Pada pemeriksaan polisi ditemukan bahwa hanya dua dari pernyataan di atas yang benar dan ternyata hanya satu dari ketiga orang itu yang bukan pengacara, maka ada 2 kemungkinan :
Kemungkinan 1
Jika Cinta yang berbohong (Pembunuh), maka pernyataan Cinta yang jujur menjadi : Saya pengacara dan bukan pengacara yang membunuh Duduy. Maka ini bertentangan dengan bukti pada tempat kejadian perkara (TKP) menunjukkan bahwa mungkin seorang pengacara terlibat pada perkara pembunuhan.

Kemungkinan 2
Jika Angga yang berbohong (Pembunuh), maka pernyataan Angga yang jujur menjadi : Saya pengacara dan saya terlibat dalam pembunuhan Duduy. Maka ini sesuai dengan informasi yang diberikan bahwa terdapat dua pernyataan yang benar, yaitu pernyataan Bandi dan Cinta, serta ada dua orang pengacara dan satu tidak pengacara. Maka pembunuh Duduy adalah Angga (A).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Febri's Web © 2018